Polar Norway Exhibition

Semenjak tanggal 26 September 2011 hingga tanggal 13 Oktober 2011, Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia (PRPI UI) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Norwegia mengadakan sebuah pameran yang bertajuk “Polar Norway Exhibiton”. Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kaum muda di Indonesia, terutama mahasiswa, terhadap bahaya pemanasan global. Diharapkan mahasiswa menjadi agen perubahan yang dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Dalam pameran ini terdapat puluhan foto yang memperlihatkan perjalanan ekspedisi, penelitian, dan kehidupan hewan-hewan iklim kutub yang semakin terancam keberadaannya.

Serigala kutub yang telah diawetkan
Serigala kutub yang telah diawetkan

Sayangnya, pameran yang begitu berharga tidak ditempatkan pada bagian yang layak dari sebuah perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Pameran ini ditempatkan pada pojok perpustakaan yang jarang dilalui oleh mahasiswa dan kondisi tempatnya pun sangat tidak layak dan butuh banyak perbaikan.

Ditempatkan pada pojok perpustakaan yang masih dalam perbaikan
Ditempatkan pada pojok perpustakaan yang masih dalam perbaikan
Langit-langit ruangan yang masih belum selesai
Langit-langit ruangan yang masih belum selesai

Selain ditempatkan pada pojok ruangan yang tidak layak, pameran ini tidak dijaga oleh siapapun.

Meja tak berpenunggu
Meja tak berpenunggu

Hanya disediakan kertas-kertas informasi yang diletakan begitu saja diatas meja.

Ironinya, pameran ini “dijaga” oleh petugas kebersihan perpustakaan yang sedang beristirahat. Menurut pengakuan petugas kebersihan, pameran ini hanya dijaga ketika pembukaan hari pertama dan selalu sepi pengunjung.

Yah, walaupun tidak mendapatkan informasi yang memadai dan pengunjung harus proaktif karena tidak adanya penjaga pemeran, Polar Norway Exhibition sangat layak untuk dikunjungi.

This slideshow requires JavaScript.

Author: rimarahayu

A circus performer who juggling between motherhood and work. A sanguine - choleric, an affection explorer, an expert dreamer, and a constantly making improvement good friend.

9 thoughts on “Polar Norway Exhibition”

Silakan berkomentar