Daftar Belanja Kebutuhan Bayi dan Ibu

Ketika saya hamil, Ibu saya mewanti-wanti agar saya tidak berbelanja sebelum usia kehamilan saya tujuh bulan. Katanya pamali. Takut terjadi sesuatu jika saya nekat melanggarnya. Sebenarnya alasannya cukup logis, apalagi banyak resiko kehamilan yang mungkin terjadi sebelum usia tujuh bulan. Selain itu, pada tujuh bulan, biasanya sudah tahu jenis kelaminnya laki-laki atau perempuan.

Akhirnya, saya dan suami pun sangat santai menghadapi permasalahan belanja ini. Bahkan saya pun tidak berpikiran untuk melakukan deep googling mencari tahu barang-barang yang harus saya beli. Kebetulan, ketika saya hamil, load pekerjaan saya sedang tinggi sehingga saya harus mentransfer beberapa pekerjaan sebelum cuti melahirkan.

Ketika usia kandungan saya tujuh bulan (malah hampir delapan bulan, haha), saya dan suami mulai panik karena kami belum membeli barang apapun. Berbekal dari googling singkat dan buku “Moms and the City: Cerita Seru Mamud Masa Kini“, saya dan suami nekat pergi berbelanja. Rencananya semua kebutuhan bayi dan keperluan saya harus dibeli dalam satu hari karena kami tidak punya cukup waktu untuk berbelanja.

Tempat tujuan pertama saya berbelanja adalah Fany Baby ITC Kuningan. Kami memilih Fany Baby berdasarkan rekomendasi salah satu teman kantor suami saya. Selain itu lokasinya pun dekat dengan rumah dan kantor suami, sehingga memudahkan jika suatu saat suami saya harus membeli sesuatu yang berkaitan dengan bayi.

Begitu sampai di Fany Baby, saya sedikit kaget karena ibu-ibu hamil yang berbelanja di sana sudah menyiapkan daftar barang-barang yang akan dibeli. Nah, daripada saya ngasal dan ngaco, saya pun memberanikan diri untuk bertanya pada salah satu ibu-ibu. Yang mengagetkan, si ibu tersebut menjawab pertanyaan saya dengan judes. Duh, rasanya pingin nangis ketika itu. Untungnya mbak-mbak pelayan di Fany Baby dengan sigap mengatasi kondisi tersebut. Saya diberikan daftar barang-barang yang harus saya beli. Daftar ini cukup lengkap, tidak hanya berisikan kebutuhan bayi tetapi juga kebutuhan ibu setelah melahirkan. Tapi tidak semua barang saya beli karena beberapa barang tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan saya.

Selain berbelanja di Fany Baby, saya juga berbelanja di Mothercare karena beberapa barang tidak bisa saya temukan di Fany Baby.

Walaupun secara teknis, kami hanya berbelanja selama satu hari. Selebihnya, beberapa barang saya beli secara online di beberapa toko. Bahkan ada salah satu toko yang hingga saat ini menjadi langganan, yaitu Odilia Baby Shop. Toko ini tidak hanya memiliki toko online, tetapi juga toko offline di PIK.

Nah, barang-barang apa saja sih yang harus dibeli? Menurut saya, barang-barang ini harus disesuaikan dengan kondisi keluarga masing-masing.

Misalnya, popok kain dan alas ompol. Tidak semua keluarga sanggup untuk menggunakan popok kain selama 40 hari berturut-turut. Lumayan bikin stres dan bisa menjadi baby blues untuk ibu-ibu yang baru melahirkan, apalagi jika tidak ada pembantu. Sehingga, jika berencana menggunakan popok sekali pakai/diapers, sebaiknya menyetok jumlah yang cukup banyak karena bayi baru lahir sangat sering pipis dan pup. Selain itu, tidak perlu juga membeli popok kain dan alas ompol. Begitu juga sebaliknya, jika akan menggunakan popok kain, siapkan popok kain dan alas ompol yang banyak. Tidak perlu membeli jumpsuit terlalu banyak, ga akan kepakai dan lumayan capek gonta-ganti jumpsuit kalau kena pipis atau pup.

Atau jika berencana untuk tetap memberikan ASI ketika bekerja, saya menyarankan untuk menyewa terlebih dahulu karena belum tentu review yang dibaca sama seperti yang dirasakan dan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga tidak menjamin breast pump yang lebih mahal itu lebih baik.

Contoh lainnya, botol susu. Sebaiknya jangan membeli botol susu terlalu banyak. Botol susu itu cocok-cocokan dengan anaknya. Ada loh, teman saya, yang anaknya lebih cocok dengan Pigeon, padahal teman saya tersebut sudah membeli botol yang harganya cukup mahal. Mana belinya lebih dari satu pula. Kan nyesek, hehe.

Untuk detail barang-barang yang harus dibeli, saya sudah membuatkan daftar yang berisikan jumlah dan keterangan mengenai alasan pembelian barang-barang tersebut. Bisa didownload pada tautan berikut ini, Daftar Belanja Kebutuhan Bayi dan Ibu.

Oh ya, ada sedikit tips dan trik dari saya terkait dengan pembelian barang ini:

  • Buat klasifikasi barang yang harus dibeli terlebih dahulu. Utamakan barang-barang yang sifatnya prioritas, seperti baju bayi atau kebutuhan Ibu.
  • Minta antar suami atau keluarga sehingga jika ada yang kurang ketika bayi lahir, bisa minta tolong dibelikan. Atau punya online shop langganan yang bisa mengirimkan kapan pun dengan Gojek, hehe.
  • Beberapa barang seperti breast pump lebih baik disewa terlebih dahulu atau bisa meminjam dari teman atau saudara. Kalau bisa, tanyakan juga, apakah ada barang lain yang bisa dilungsurkan atau dijual dengan harga murah. Kan lumayan menghemat dana, hehe.
  • Walaupun semua barang bisa dibeli secara online, sebaiknya tetap membeli di toko bayi karena bisa melihat barangnya lebih detail, misalnya untuk memegang bahannya nyaman atau tidak.
  • Sebaiknya membeli barang tepat ketika usia kandungan 7 bulan. Saya membeli barang-barang tersebut ketika usia kandungan saya hampir 8 bulan, malah kayanya udah 8 bulan, hehe. Akibatnya saya sangat cape ketika harus maraton membeli barang. Selain itu, berdasarkan pengalaman, saya membeli barang hingga lebih dari satu kali agar lengkap dan sesuai kebutuhan saya.
  • Beli barang dengan warna netral agar bisa digunakan oleh adiknya.

Semoga membantu dan mencerahkan ya untuk ibu-ibu di luar sana sehingga tidak bingung dalam membeli barang-barang.

Fany Baby Shop
ITC Kuningan Lantai 4 Blok A

Odilia Baby Shop
Ruko Elang Laut Blok M No. 20-22
Jalan Pantai Indah Selatan
(Seberang RS Grand Family PIK)
(021) 29866486 / WA: 081291852552
Instragram: odiliababyshopjkt

Silakan berkomentar

