Tes Kesehatan Pra-Nikah

“Penting ga sih tes kesehatan Pra-Nikah?”

Jawabannya, penting pake banget!

Bagi sebagian orang, tes pra-nikah ini cuma sekedar seru-seruan sebelum menikah. Bahkan salah satu obgyn yang saya kunjungi beranggapan bahwa tes kesehatan pra-nikah ini adalah tren sesaat generasi millenial.

Padahal tes kesehatan pra-nikah ini berpengaruh penting pada proses reproduksi dan kehamilan. Walaupun kita sudah saling kenal dengan pasangan kita, belum tentu kita mengetahui dengan baik kondisi kesehatan mereka. Nah, kondisi kesehatan ini tentunya mempengaruhi kondisi anak kita di masa mendatang. Jika kita mengetahui anak kita akan mempunyai kondisi kesehatan yang berpotensi buruk karena masalah kesehatan yang diturunkan secara genetis, tentunya kita bisa meminimalisir permasalahan tersebut.

Apa saja tes kesehatan yang perlu diambil? Selain tes darah lengkap, untuk perempuan sebaiknya mengambil tes TORCH. TORCH adalah istilah untuk menggambarkan gabungan dari empat jenis penyakit infeksi yaitu Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. Keempat jenis penyakit ini berbahaya bagi janin bila infeksi diderita oleh ibu hamil. Sayangnya tes ini kerap disepelekan karena penyakit ini tidak memperlihatkan gejala berarti sehingga sulit dicegah. Tahu-tahu anak lahir dalam keadaan cacat atau mengalami gangguan perkembangan motorik.

Tes ini memang cukup mahal, untuk meminimalisir biaya, sebaiknya mengambil tes kesehatan ini rumah sakit dan bertemu dengan obgyn. Saya pernah tes di laboratorium independen, hasilnya tidak komplit dan harus mengulang tes tersebut di rumah sakit. Sebenarnya bisa saja tes di laboratorium independen, tetapi harganya jauh lebih mahal daripada pengetesan di rumah sakit.

Selain TORCH, yang perlu diperiksa adalah kanker serviks. Biasanya setelah pemeriksaan kanker serviks, dokter akan mengusulkan untuk vaksin HPV. Pemberian vaksin ini dilakukan maksimal beberapa bulan sebelum menikah. Saya lupa tepatnya kapan, kalau tidak salah 6 bulan sebelum menikah.

Kalau perempuan yang akan menikah sudah bekerja, sebaiknya tanyakan ke asuransi kantor mengenai coverage tes TORCH, tes kanker serviks dan vaksin HPV. Lumayan kan kalau dicover kantor, uangnya bisa dipakai untuk tambah-tambah kawinan, hehe.

Advertisements

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s