Teman Lama

“Eh, Ma, kemarin gue ketemu teman kuliah lu!” kata teman kantor saya dengan semangat.

“Oh ya? Siapa?”

“Duh, gue lupa namanya. Rambutnya dicat kuning, kerja di lawfirm, terus baru pulang dari Jepang.”

Saya mencoba mengingat-ingat siapa gerangan teman kuliah saya tersebut.

“Teman kuliah gue banyak yang kerja di lawfirm dan rata-rata, rambut mereka dicat warna-warni.”

“Oh, dia bilang, dulu pas kuliah sering berantem sama lu.”

Saya mengernyitkan kening, “Serius? Dia bilang waktu kuliah sering berantem sama gue?”

“Iya, katanya dulu sering berantem.”

Saya tertawa kecil. Mencoba mengingat kembali teman kuliah yang sering berselisih paham dengan saya. Tiba-tiba sebuah raut muka terlintas di kepala saya. Saya pun langsung mencari namanya di mesin pencari.

“Yang ini orangnya?” kata saya sambil menunjukkan layar handphone.

“Nah, yang itu orangnya! Kenapa lu sering berantem sama dia?”

“Namanya anak muda. Beda pandangan politik. Kok bisa kenalan sama teman kuliah gue?”

“Dikenalin teman gue. Waktu dia cerita lulusan UI, gue langsung keinget sama lu. Ya udah, gue tanyain aja, dia kenal sama lu atau ga.”

Saya tertawa pelan setelah itu. Entah kenapa saya merasa miris. Sebenarnya saya dan teman kuliah saya tidak terlalu akrab. Kebetulan kami mempunyai minat yang sama. Pertengkaran kami pun hanya satu kali.  Sisanya kami saling mendiamkan dan tidak pernah bertegur sapa. Tapi ternyata teman kuliah saya mengingat saya dengan cara yang berbeda.

Saya pun jadi berpikir panjang tentang kesan yang saya tinggalkan untuk orang-orang di sekitar saya. Apakah saya sudah meninggalkan kesan yang baik? Sehingga ketika mereka menceritakan saya kepada teman yang lain, mereka akan mengingat hal baik yang saya lakukan terhadap mereka. Bukan hal buruk yang hanya satu kali terjadi. Bagaimana pun juga, kesan orang-orang di sekitar saya akan menjadi sebuah identitas saya di dalam masyarakat.

Silakan berkomentar

