Bluebird Mobilio

Sepulang kantor, secara tidak sengaja saya melihat Bluebird Mobilio di tengah macetnya jalanan Jakarta. Saya langsung heboh mengeluarkan handphone dan berusaha untuk memotretnya. Sebenarnya saya sudah mengetahui keberadaan Bluebird Mobilio sejak tiga minggu yang lalu dari salah satu supir Bluebird. Namun ketika itu, Bluebird Mobilio belum diresmikan sehingga belum beredar di jalanan Jakarta.

wpid-wp-1440842165063.jpg

Saya pribadi sebenarnya cukup penasaran dengan alasan digunakannya Honda Mobilio sebagai armada baru Bluebird. Bagaimanapun juga, Bluebird telah menjadi pelanggan tetap Toyota. Mengapa Bluebird tidak menggunakan Avanza yang merupakan produk Toyota untuk kelas MPV? Mengapa Bluebird mulai mengubah armada dari sedan menjadi MPV?

Dari hasil diskusi dengan beberapa supir Bluebird dan Bams, ada beberapa alasan digunakannya Honda Mobilio sebagai armada baru Bluebird, yaitu:

1. Menandingi Uber/Uber X

Sejak Uber muncul di Indonesia, perusahaan taksi mulai ketar ketir. Masyarakat kelas menengah mulai beralih menggunakan Uber/Uber X karena kapasitasnya lebih besar dan harganya lebih murah. Sebelum Uber/Uber X muncul, masyarakat yang ingin berpergian dalam jumlah banyak (lebih dari 3-4 orang) orang, harus menggunakan lebih dari satu taksi. Atau jika tidak ingin terpisah, mereka harus menggunakan taksi premium yang menggunakan armada Alphard, di mana taksi premium ini cukup sulit untuk didapatkan di pinggir jalan dan harganya cukup mahal.

Dengan melihat hal-hal tersebut di atas, maka tak heran jika Bluebird menambahkan armada MPV sebagai varian baru dalam lini usahanya. Honda Mobilio secara tidak langsung menambah pangsa pasar Bluebird, yaitu sebagai armada angkutan umum yang dapat membawa orang dalam jumlah banyak dan harganya terjangkau. Selain itu, keberadaan Honda Mobilio dapat menghapus disparitas antara Bluebird dan Silverbird yang cukup jauh.

2. Keunggulan Mesin

Sebagai pengguna Avanza, saya tahu betul mesin Avanza sangat mudah panas ketika dipacu terlalu berat. Bagi pengusaha, hal ini berpotensi merugikan karena mesin yang cepat panas akan membutuhkan biaya maintenance yang lebih tinggi.

3. Luxury

Bluebird tidak hanya digunakan oleh kelas masyarakat yang tak memiliki kendaraan pribadi, ia juga digunakan oleh lapisan masyarakat yang memiliki mobil pribadi di rumah tapi malas menyetir dan menghadapi macetnya Jakarta. Oleh karena itu, luxury menjadi nilai penting. Jangan sampai MPV yang dipilih membuat masyarakat kelas menengah atau menengah keatas menolak untuk menggunakan Bluebird karena dianggap menurunkan “kasta”.

wpid-wp-1440842220473.jpg

4. Kapasitas

Dari sisi kapasitas, Honda Mobilio mempunyai kapasitas yang cukup besar. Walaupun kalah dari Avanza, tapi Mobilio tetap unggul dibanding Suzuki Ertiga. Bagian belakang Honda Mobilio cukup untuk menampung tiga orang, berbeda dengan Suzuki Ertiga yang hanya mampu menampung dua orang.

5. Ground Clearance Lebih Tinggi

Jika musim penghujan tiba, hampir sebagian besar supir taksi menolak untuk mengantarkan penumpang yang tinggal di daerah rawan banjir karena jika air hujan menggenangi jalan, taksi akan kesulitan berjalan dan berpotensi untuk mogok karena ground clearance taksi yang lebih rendah dari MPV. Selain itu, jika air masuk hingga ke dalam taksi, supir taksinya akan didenda karena perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengeringkan mobil.

Perubahan dari sedan ke MPV ini disambut baik oleh supir taksi yang saya ajak bicara karena membuat Bluebird lebih toleran terhadap banjir walaupun ground clearancenya tidak setinggi SUV.

6. Inovasi Bisnis

Walaupun Bluebird adalah pionir taksi di Indonesia, Bluerbird harus tetap berinovasi agar pendapatan perusahaan tetap meningkat. Jika Bluebird tidak berinovasi, tidak menutup kemungkinan Bluebird akan dikalahkan oleh pemain baru yang memiliki dukungan modal dan jaringan yang lebih besar. Perubahan armada ini harus diakui sebagai langkah cerdas untuk menarik perhatian investor. Apalagi kondisi saat ini cukup sulit.

wpid-wp-1440842188106.jpg

Aduh, karena nulis postingan ini, saya jadi kepingin untuk naik Bluebird Mobilio. Besok pesan taksinya yang Bluebird Mobilio, ah~

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s