Bubur Jagung

Sekitar setahun yang lalu, saya pernah seterek sesumbar akan membawakan bubur jagung untuk teman kantor saya. Karena kesibukan di kantor dan berbagai macam alasan absurd lainnya, saya tidak pernah sempat membuat bubur jagung. Akhirnya, saya pun mulai melupakan janji saya tersebut.

Beberapa hari sebelum teman saya berhenti kerja, saya baru ingat bahwa saya mempunyai janji untuk membuatkan bubur jagung. Saya mulai kelimpungan. Mengingat ketika itu sedang peak season. Mau tidak mau, sepulang lembur, saya langsung ke supermarket di dekat kantor membeli bahan-bahan yang dibutuhkan. Untungnya bubur jagung tidak membutuhkan waktu yang panjang untuk membuatnya. Jadi saya tidak terlalu kerepotan.

Bahan:
500gr jagung yang sudah dipipil (saya menggunakan jagung beku kemasan)
30ml air
200ml santan, encerkan dengan 50ml air (jika tidak mau menggunakan santan, bisa digantikan dengan susu)
100gr gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
1 sendok makan maizena, larutkan dalam 1 sendok makan air

Cara membuat:

  • Blender 100gr jagung dengan 30ml air.
  • Masak santan/susu, jagung yang sudah diblender, jagung pipil, gula pasir, dan garam sambil diaduk hingga meletup-letup. Ingat, jangan sampai pecah.
  • Kemudian masukkan larutan tepung maizena, secara perlahan-lahan agar larutan maizena tidak menggumpal. Masak sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup.
  • Setelah itu, masukkan vanili. Aduk sebentar. Lalu angkat.

Gampang kan? Hehe.

Bubur jagung ini bisa ditambahkan bahan pelengkap seperti rebusan pacar cina, kelapa muda, atau parutan keju.

Nah, karena saya tidak mempunyai bahan pelengkap seperti pacar cina atau kelapa muda, iseng-iseng saya menambahkan marshmellow. Rasanya agak aneh, tapi lumayan lah, hehe.
image

Silakan berkomentar

