Tuna Pasta Salad

Di rumah sedang kelebihan stok ikan laut. Oleh-oleh dari adik saya sepulang berakhir pekan. Selama beberapa hari terakhir, Ibu hanya mengolah ikan tersebut dengan menggorengnya, kadang yang membedakan hanya sambalnya saja.

Karena bosan, saya pun mulai mencari-cari resep untuk mengolah ikan tersebut. Awalnya agak bingung ketika mencari resep karena adik saya lupa nama ikannya. Untuk memudahkan, saya mencari resep tuna karena rasa ikan tersebut mirip dengan tuna.

Setelah googling sana-sini, saya memutuskan untuk membuat tuna pasta salad karena resepnya mudah, tidak membutuhkan waktu persiapan yang panjang, dan bisa dimodifikasi sesuka hati, hehe. Resep aslinya bisa dilihat di sini.

Disclaimer: Sebenarnya saya agak bingung menentukan seberapa banyak ikan dan makaroni yang harus digunakan. Ini sih berdasarkan perkiraan asal saya, hehe.

Salad:
50gr tuna, dikukus/direbus, kemudian cabik kasar (bisa juga menggunakan tuna kalengan)
1 buah tomat segar, potong kubus
1 batang wortel, serut kasar
1 butir telur ayam rebus, potong kecil
2 lembar daun lettuce, dirajang halus
2 lembar daun selada, dirajang halus
100gr makaroni, rebus hingga al dente

Saus:
4 sendok makan mayonaise
1 sendok makan minyak zaitun
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1 siung bawang putih, cincang halus
garam secukupnya
lada secukupnya (jika tidak suka lada, bisa diganti dengan bubuk cabai)
1 sendok teh madu (opsional)

Cara membuat:
Siapkan mangkuk, aduk semua bahan saus menjadi satu. Silahkan menyesuaikan rasa dengan menambahkan garam, jeruk nipis, atau lada/bubuk cabai.

Siapkan mangkuk besar, masukkan semua bahan salad. Tuang saus salad, aduk hingga rata.

Voila~ jadi deh tuna pasta salad.
image

Catatan:
Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, sebaiknya sebelum dimasak (setelah dibersihkan), ikan tersebut direndam dengan garam dan air jeruk nipis.

Silakan berkomentar

