Lampu Kujang

Ada yang berbeda dengan Jalan Raya Padjajaran dari Terminal Baranangsiang hingga Hotel Pangrango. Sepanjang jalan tersebut berjejer lampu penerang jalan yang cukup unik.

image

Saya sendiri baru menyadari lampu penerang jalan ini menjelang lebaran. Padahal menurut cerita Ibu, lampu penerang jalan ini sudah ada semenjak bulan Mei-Juni 2013.

Yang menarik, desain lampu penerang jalan ini tidak hanya memperhatikan sisi estetis dengan menampilkan bentuk kujang sebagai ciri khas Kota Bogor, tetapi juga memperhatikan sisi utilitas. Lengan lampu yang mengarah ke trotoar lebih rendah dari lengan lampu yang mengarah ke jalan raya sehingga penerangan untuk pejalan kaki lebih maksimal. Kebetulan beberapa wilayah yang diberi lampu penerang jalan ini agak sedikit gelap walaupun berada di pinggir jalan raya.

image

Melihat desain lampu penerang jalan yang unik tersebut, saya sempat berandai-andai lampu penerang jalan ini dipasang secara merata di seluruh wilayah Kota Bogor. Tentunya hal ini akan menjadi ciri khas tersendiri untuk Kota Bogor dan membuat penerangan untuk pejalan kaki jauh lebih baik.*

Semoga lampu penerang jalan ini awet hingga beberapa tahun ke depan karena saya khawatir umurnya hanya dalam hitungan bulan akibat tangan-tangan jahil dan perawatan yang tidak maksimal dari Pemerintah Kota Bogor.

=====
Catatan:
* Hampir sebagian besar wilayah di Kota Bogor tidak memiliki penerangan yang cukup baik untuk pejalan kaki karena pancaran sinar lampu penerangan jalan terhalang oleh pohon-pohon besar yang berada di pinggir trotoar, contohnya Jalan Paledang atau trotoar di dekat Katedral (Sekolah Budi Mulia) hingga di depan Taman Topi. Tempat-tempat seperti ini walaupun ramai dan cukup terang tapi rawan kejahatan.

One comment

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s