Senioritas

Beng: Ma, gue mau sign kontrak nih. Kira-kira ada hal khusus yang perlu gue perhatikan ga?

Saya: Hmm, apa ya? Yah, standar sih, job desk, komponen gaji, cuti, lemburan, tunjangan dan fasilitas, mekanisme pemberhentian. Pokonya yang ada kaitannya sama hak-hak lu. Jangan lupa juga minta peraturan perusahaan.

Beng: Mungkin ga sih, ada hal-hal tertentu yang ga ada di kontrak dan di peraturan perusahaan tapi harus gue telen mentah-mentah?

Saya: Ya ada lah. Biasanya sih senioritas, kerja ga sesuai job desk.

Beng: Itu sih gue ngerti. Gue kan MT (Management Trainee), tau kan kalau gue keluar sebelum waktunya gue kena denda? Gue takutnya senior gue kesel sama gue terus gue diceburin ke tengah laut atau ditinggalin di tengah hutan. Mati aja lah gue.

Saya: *ketawa ngakak* Ngaco banget! Ga mungkin juga lu diceburin ke tengah laut atau ditinggal di tengah hutan.

Beng: *cengengesan* Abisnya mereka bilang senioritasnya tinggi. Apalagi kalau gue di site.

Saya: Tau dari mana senioritasnya tinggi?

Beng: Pas gue wawancara top management, gue ditanya, ‘Di sini senioritasnya tinggi, banyak tekanan juga. Kamu sanggup ga?’. Terus gue jawab, ‘Tekanannya mental atau fisik? Kalau tekanan mental sih saya tahan dan kalau seniornya marah-marah, saya paling ketawa-ketawa, ga mungkin kesel. Paling seniornya yang kesel. Soalnya saya biasa bikin kesel orang sih.’ Udah gitu yang wawancara gue ketawa semua. Gue takutnya jawaban gue malah membuat gue dikerjai secara fisik.

Saya: *ketawa ngakak* Imajinasi lu liar! Perusahaan migas segede itu mana mungkin pegawainya kejam. Bisa kena tuntut lah kalau nekat. Paling mentok lu dianiaya dengan dikasih kerjaan super banyak dan dibego-begoin karena ga bisa ngerjain.

Beng: Gue sih sadar diri sebagai anak baru. Dikasih kerjaan banyak, ya gue kerjain aja. Cari pengalaman. Lagian ya kalau mereka ngamuk-ngamuk terus gue bawa kesel, kan yang rugi gue.

Saya: Beneran ga akan kesel? Soalnya ada teman gue yang karena keseringan dimaki senior jadi lancar jaya maki orang. Gampang kesel lah.

Beng: Kalau kesel, ya curhat lah. Eh, teman lu ngegigit ga? Kalau dia ngamuk-ngamuk lagi, bilang bego ke semua orang, suntik rabies aja biar tenang.

Silakan berkomentar

