Akses Gratis Jurnal Internasional

Kemarin dapat info dari Mr. Engineer tentang Perpustakaan Nasional RI yang menyediakan akses gratis jurnal internasional. Katanya sih jurnal ini bisa diakses dari manapun, asal terkoneksi internet. Agak-agak ga percaya gitu sih, eh ternyata setelah dicoba, beneran bisa dan gratis loh~

Nah, dari pada uang APBN ini sia-sia karena tidak banyak yang memanfaatkan, lebih baik saya tuliskan saja. Siapa tahu banyak yang membutuhkan, hehe. Untuk mengakses jurnal internasional ini caranya cukup gampang.

  1. Daftar keanggotaan Perpustakaan Nasional secara online di keanggotaan.pnri.go.id (klik ini untuk akses langsung).
  2. Setelah mengisi data-data pada form pendaftaran anggota, maka kita akan mendapatkan nomor keanggotaan. Harap dicatat nomor keanggotaan ini, panjang banget soalnya bo~
  3. Kemudian buka e-resources.pnri.go.id. Di sini kita akan diminta untuk membuat akun atau username untuk pengguna e-resources (klik ini untuk akses langsung). Buat akun atau username yang gampang diingat oleh kita, biar ga lupa, hehe.
  4. Selanjutnya kita akan dikirimi email verifikasi dari Perpustakaan Nasional RI. Harap bersabar menunggu email verifikasi ini. Apalagi kalau daftarnya hari Sabtu atau Minggu, kemungkinan baru diverifikasi pada hari Senin.
  5. Kalau sudah diverifikasi, bisa langsung digunakan deh. Oia, jurnal internasional yang bisa diakses terbatas pada Proquest, MyLibrary, Ulrich, Westlaw International, Ebook Gale, SAGE, EBSCO, IGI-Global, ISEAS, ALA Publishing, Taylor and Francis, NIAS Press, AUP e-Book, UH press, KitLv, Ebrary, dan LexisNexis.

Gampang kan? Selamat mengakses jurnal internasional!🙂

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s