Enjinir

Kebangun tengah malam itu ga enak banget. Biasanya saya baru bisa tidur lagi setelah dua jam terjaga. Untuk mengisi waktu luang, saya ngubek-ngubek bleki, mencari foto-foto prakarya. Eh, ga sengaja nemuin foto ini.

IMG_4062

Dulu pernah mau publish di blog, tapi lupa. Sekarang baru keingetan, apalagi setelah dicurhatin salah satu teman saya yang ingin berganti profesi dari engineer ke profesi lain entah menjadi apa dan melihat teman saya berganti profesi dari engineer menjadi business development atau marketer. Mereka memilih berganti profesi demi kehidupan yang lebih baik, padahal mereka sangat menyukai pekerjaannya saat ini. Saya sendiri merasa agak sedikit sedih karena mereka adalah penyuluh yang membawa obor agar masyarakat Indonesia bisa menatap masa depan dengan penglihatan yang terang dan jernih. Tanpa mereka, siapa yang akan menyelesaikan permasalahan teknologi di Indonesia?

Tapi pada akhirnya saya menyadari bahwa yang paling penting dalam membangun bangsa ini bukanlah sains dan teknologi, tapi sebuah jiwa yang merdeka dan penuh martabat. Teknologi memang tidak bisa secara langsung merekayasa jiwa manusia, tetapi teknologi bisa membantu jiwa-jiwa yang merdeka, menjadi eksistensi dari indra dan ingatan. Tanpa jiwa yang merdeka, terknologi hanya akan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang menggelikan dan menyedihkan.

Jadi mungkin memang ada baiknya teman-teman saya memilih untuk meninggalkan dunia engineering karena jika mereka masih bertahan dengan segala beban, apa yang mereka hasilkan tidak akan pernah berguna. Yang paling penting, mereka punya keyakinan dalam memilih jalannya saat ini, sehingga di kemudian hari tidak perlu merasa kehilangan arah dan tujuan.

 

Silakan berkomentar

