Kartu Nama

Beberapa bulan belakangan, saya mulai tertarik memperhatikan kartu nama klien dan kolega saya. Tidak hanya kontennya, tetapi juga bahan dan desain dari kartu nama tersebut.

Yang paling menarik adalah penulisan nama klien dan kolega. Biasanya, kartu nama klien dan kolega yang berasal dari perusahaan nasional selalu mencantumkan gelar pendidikannya, bahkan ada juga yang mencantumkan gelar profesinya. Berbeda dengan klien dan kolega saya yang berasal dari perusahaan asing atau perusahaan nasional dengan investasi asing, mereka hanya mereka mencantumkan nama tanpa gelar atau embel-embel yang lainnya.

Ada yang bilang, pencantuman gelar tersebut karena orang Indonesia sangat bangga dengan gelarnya yang didapatkan dengan susah payah. Secara tidak langsung, pencantuman gelar bertujuan untuk mengapresiasi pemilik kartu nama. Selain itu, gelar yang dicantumkan menunjukkan kapasitas SDM perusahaan karena kartu nama merupakan gerbang utama perusahaan. Tapi ada juga yang mengatakan pencantuman gelar malah membuat perusahaan terlihat sombong dan arogan. Toh, apa gunanya dicantumkan jika ternyata tidak sebanding dengan kenyataannya?

2 comments

  1. Di Indo kayaknya memang title itu gengsi dan bagian dari harga diri, hihihi
    Di sekitar gw sekarang sampai-sampai ‘haji’ itu selevel sama insinyur dan wajib hukumnya tampak dari penampilan (baju koko & jilbab)!

    Like

    1. Salah satu pencantuman gelar yang gue ga ngerti adalah pencantuman gelar di undangan kawinan! Apa gunanya gelar di undangan kawinan? Ga bakal lah pas kawinan gue ditanya tentang pelanggaran perjanjian pranikah atau proses cerai di Pengadilan Agama.

      Like

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s