Gue (Nulis) Bercanda Sarkas Loh~

Ada yang menganggap bahwa bercanda sarkas itu gampang, cukup berkata sedikit nyinyir dan sinis dengan tampang tanpa dosa atau ketawa-ketawa ga jelas. Masa sih segampang itu? Iya gampang, kalau bercandanya secara langsung. Nah, kalau bercandanya melalui tulisan?

Sumpah deh, susah bo~ Ga semua orang berbakat bercanda sarkas melalui tulisan karena tulisan itu sangat bias persepsi. Bahkan saya menganggap kalau kemampuan sarkas melalui tulisan adalah sesuatu yang gifted. Orang-orang yang bercanda sarkas mampu membuat sesuatu hal yang kelihatannya serius tapi menjadi lucu karena ironi. Ini bukan pekerjaan mudah karena pola pikir setiap orang PASTI berbeda-beda.

Selain itu, bercanda sarkas melalui tulisan ga cuma asal jeplak, sok tau, dan sok pintar. Perlu porsi sarkasme yang pas karena efeknya akan berbanding 180º. Kalau porsinya pas, orang lain akan menganggap bercandaan sarkas sebagai sesuatu yang “gue banget” dan long term laughs. Kalau terlalu berlebihan, orang lain akan menangkapnya secara berbeda, bercandaan kita itu bisa dianggap kampungan dan nyinyir. Meminjam perkataan teman saya, “Sok-sok bercanda sarkas dengan nyinyir dan ngejek-ngejek ga jelas? Wew, you are out of my league. Lebih mirip emak-emak mertua yang benci menantunya.”

Takaran bercanda sarkas ini ga cuma diukur melalui tingkat kesarkasannya tapi juga situasinya karena ga semua situasi bisa dibercandain. Jatohnya jadi arogan. Kalau nekat, ujung-ujungnya malah membuat orang lain sebel bin kesel. Diingat lagi, bercanda itu tujuannya untuk membuat kita dan orang lain tertawa plus merasa senang sehingga mereka bisa sedikit melupakan “penderitaannya”.

There’s a thing called boundaries, just don’t try too hard to be funny. If you know what I mean.

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s