Wakil Rakyat Pinggir Jalan

Niatnya sih ingin menuliskan betapa narsisnya politikus Indonesia ketika bulan Ramadhan dan Idul Fitri, tapi Pribadi sudah menuliskannya terlebih dahulu (silahkan baca di sini). Ya sudah, saya nulis yang lain aja deh.

========

Setiap tahun, baliho-baliho ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari wakil-wakil rakyat tidak dikenal selalu merusak menghiasi pemandangan. Baliho-baliho tidak berseni dan ala kadarnya terpasang kokoh di pinggir jalan.

Salah satu baliho wakil rakyat tidak dikenalBagi para wakil rakyat tersebut, baliho-baliho ini merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan konstituennya. Menunjukkan kesopanan dan tingkat toleransi beragama yang tinggi. Secara tidak langsung, berterima kasih atau suara yang telah diberikan oleh konstituen.

Bagi saya, hal-hal seperti ini hanya memboroskan uang dan kampanye gratis agar dipilih lagi di periode berikutnya. Kalau memang ingin berkomunikasi secara efektif dengan konstituennya, mengapa tidak berkunjung dari rumah ke rumah atau membuka posko di pinggir jalan, bertanya tentang aspirasi masyarakat. Mirisnya mereka malas untuk melakukan hal tersebut. Ya sibuk lah, ga punya waktu, ga efektif, dan beragam alasan ga kongkrit lainnya. Alasan-alasan tersebut pada akhirnya melegalkan cara-cara instan untuk melakukan politik pencitraan dengan membuat ingatan kolektif masyarakat terhadap sosok wakil rakyat, seperti memasang baliho-baliho yang berisikan foto serta jargon-jargon tak jelas. Akibatnya pencitraan yang dilakukan hanya sekedar polesan, bukan substansial!

Kita butuh seorang pemimpin yang memang bisa memimpin, bukan pemimpin yang lahir dari pencitraan diri di pinggir jalan.

Pribadi Adhi

Yah, kalau memelintir sedikit perkataannya Pribadi, kita butuh wakil rakyat yang bisa mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung, bukan wakil rakyat yang mewakilkan tugasnya tersebut kepada baliho di pinggir jalan.

4 comments

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s