Tujuan

Belakangan ini perasaan saya sedang gunjang-ganjing, istilah kerennya, labil. Saking labilnya, saya hampir tidak mengenali diri saya sendiri. Selalu bertanya-tanya apa yang salah dan apa yang harus saya lakukan. Tenggelam bersama masalah yang gagal saya hadapi hingga akhirnya kehilangan kepercayaan diri dan pesimis. Rasanya seperti kehilangan arah dan ga tau harus melangkah kemana. Yah, semacem kehilangan jati diri.

“Selamat, Ma! Lu selangkah lagi jadi orang yang bijaksana.” kata salah seorang teman ketika menjenguk saya. Ia mengucapkannya dengan nada bersemangat dan bahagia. Aneh kan? Katanya, saya ini sakit karena terlalu stres dengan masalah saya, dan saya butuh sakit untuk merenung dan melihat sisi lain masalah yang saya hadapi agar saya menjadi lebih dewasa.

Ngeselin. Ngeselin karena benar, haha. Setelah saya merenungi semua yang telah terjadi, saya malah ketawa ga jelas. Merasa lucu karena telah menghadapi semua masalah tersebut dengan amat sangat lebay, padahal masalahnya ga berat-berat amat kalau dibandingkan dengan masalah-masalah saya sebelumnya atau mungkin masalah orang lain. Kayanya saya terlalu fokus dengan masalahnya, bukan memikirkan cara penyelesaian yang tepat. Hmm, mikirin sih tapi cara pandangnya salah. Akibatnya saya lupa dengan tujuan yang ingin saya capai, jadi kehilangan jati diri deh. Padahal tujuan-tujuan saya tertulis di cermin kamar saya. Masa lupa, kan tiap hari dandan. Wajar aja kali ya, usia makin tua dan pemikirannya jadi makin ribet, makanya saya lupa dengan tujuan yang sesungguhnya ingin saya capai dan hal-hal apa saja yang membuat saya senang.

Purpose is what gives life a meaning

Charles Henry Parkhurst

Silakan berkomentar

