Ih, Serem

Iseng-iseng sebelum pulang ke rumah, saya mampir ke kios dvd bajakan langganan saya di sekitar kampus. Obrak-abrik sana sini, eh nemu tumpukan dvd yang berisikan film-film horor Indonesia.

“To, emang ada yang beli ya?” tanya saya sambil menunjuk tumpukan dvd yang baru saja saya temukan.

Naito, penjaga kios dvd tersebut, tertawa pelan. “Ada. Biasanya mba-mba penjaga kosan. Kenapa? Mau beli?”

“Kaga lah! Judulnya aja aneh-aneh ga jelas, pasti filmnya juga ga jelas. Sumpah deh, gue ga ngerti lagi sama orang-orang yang bikin film. Apa pula ini pocong ngesot. Ngapain pocong pake ngesot-ngesot. Emang mereka ga bisa lompat-lompat lagi?”

“Katanya sih, pocongnya ga bisa lompat-lompat karena kekurangan sesajen.”

Saya mengernyitkan kening. Sejak kapan pocong harus dikasih sesajen dulu baru bisa lompat-lompat. Mungkin kalau alasannya si pocong ini ngesot karena sewaktu hidup kakinya lumpuh total atau meninggal karena kakinya hancur, sepertinya masih masuk akal. Kakinya aje ga berfungsi, gimana mau loncat-loncat.

Oia, selain pocong ngesot, saya juga menemukan beberapa film yang judulnya lumayan aneh, seperti dendam pocong mupeng, darah perawan bulan madu, pelukan janda hantu gerondong, pocong mandi goyang pinggul, kuntilanak duyung, dan kuntilanak kesurupan. Judul-judul film yang membuat saya menggelengkan kepala dan menghela nafas. Entah sejak kapan film-film horor dengan judul-judul ga jelas mulai booming di Indonesia. Anehnya film-film tersebut tetap diminati dan menghasilkan banyak keuntungan.

Selain berjudul aneh, film-film horor tersebut seringkali menghasilkan varian baru dari hantu-hantu Indonesia. Padahal hantu-hantu Indonesia itu hantu yang paling serem kalau dibandingkan hantu-hantu dari Barat. Ngapain juga dibikin variasi aneh-aneh. Emangnya penulis skenarionya ga kesian ya kalau nanti anak cucu kita ga tau sejarah dan kenyataan yang sebenarnya tentang hantu-hantu di Indonesia? Yah, sama aja seperti menghilangkan sejarah untuk hal-hal yang berbau komersial.

Eh, tapi kalau dipikir-pikir lagi, film-film horor dengan judul ga jelas dan hantu kloningan itu sebenarnya mempunyai sisi baik. Paradigma tentang hantu-hantu di Indonesia semakin berubah. Masyarakat jadi lebih rasional dan ga akan takut lagi terhadap hal-hal yang berbau mistis. Lagian di jaman sekarang yang lebih serem itu manusia, bukan hantu. Iya ga sih?

2 comments

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s