Materai

Alkisah, di suatu siang yang cerah, seorang Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Negeri Ternama (MFHUNT) harus menandatangani sebuah kontrak perjanjian kerja. Ketika akan mencantumkan materai, MFHUNT kebingungan. Ia lupa dimana harus mencantumkan materai, di sebelah kanan atau di sebelah kiri tanda tangannya.

#1
MFHUNT melihat sekelilingnya, lalu menemukan target yang terpercaya, yaitu Mahasiswa Senior Fakultas Hukum Universitas Negeri Ternama (MSFHUNT).

MFHUNT: Mba, materai di kanan atau di kiri sih?

MSFHUNT: Err, di kanan kayanya” *tanpa melepaskan pandangan dari layar komputer*

#2
MFHUNT ragu dengan jawaban MSFHUNT, lalu mencari di google dengan kata kunci “letak materai”. Setelah frustasi mencari selama tiga puluh menit, MFHUNT mengirimkan pesan kepada seseorang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan hukum, melainkan akuntansi, sebut saja namanya Tadut.

MFHUNT: Materai letaknya di kiri atau di kanan yo?

Tadut: Di kiri, lah. Udah ga usah kuliah lagi aja kamu. Mending di rumah aja, bersihin kolam ikan. Dasar gembul!

MFHUNT: Aku ampe googling loh buat nyari tau letak materai dimana karena udah frustasi akhirnya nanya kamu, haha.

Sungguh sebuah kejadian yang mememalukan bagi MFHUNT, wajar saja hingga detik ini ia masih terjebak di kampus sebagai mahasiswa. Semoga dalam waktu dekat ia bisa menyerap semua ilmu dan segera lulus.

9 comments

  1. Ah ini kamu sendiri ya, Rim?:mrgreen:

    Gampangannya gini aja. Letakkan di sisi dalam dari tempat tanda tangan kita. Kalo kolom TTD kita ada di sebelah kiri, ya letakkan di sebelah kanan. Kalau di kolom TTD di kanan, tempelkan di kiri (biasanya begini kalau ada dua orang yang mesti tanda tangan).
    Kalau kolom TTD di tengah, letakkan di mana aja, bisa di kiri atau kanan. Asal jangan tepat di tengah sih, nanti menutupi bidang kita tanda tangan dong. Saya cenderung nempel materai di sebelah kanan, sedikiiiit aja ke kanan. Pokoknya tanda tangan saya bisa mengenai materai.😉

    Like

  2. maksudnya kiri apa kanan tuh di depan tanda tangan apa di belakang tanda tangan gitu kan?
    Nah kadang ada yang depan ada yang belakang, kalo secara kenyamanan sih sebenarnya nyaman yg di depan, kalo meterai di belakang berpotensi bisa sobek terkena pulpen ketika kita beralih dari kertas biasa ke meterai, beda kalo kita nulisnya dimulai di meterai

    Like

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s