Kuliah Dengan Teknologi

“Minggu depan kuliahnya video conference dengan Prof. Jimly.” kata dosen saya ketika saya sedang berkonsultasi tentang praktek sidang. “Ada perwakilan dari luar negeri juga.Tapi ga tau nanti Prof. Jimly ngasih kuliahnya dimana. Mungkin aja ga di kampus, tapi di tempat lain.”

Dalam hati saya bersorak kegirangan mendengar kabar tersebut. Jarang-jarang ada kuliah video conference karena biasanya hanya dapat dilakukan pada kesempatan dan acara tertentu. Saya pun bertekad untuk tidak datang terlambat. Jika terlambat, maka saya tidak akan mendapatkan posisi tempat duduk yang pas. Kabarnya yang akan mengikuti kuliah ini tidak hanya mahasiswa S1 Reguler yang mengambil mata kuliah Peradilan Konstitusi, tetapi juga mahasiswa Pasca Sarjana.Selain mahasiswa yang diajar secara langsung oleh Prof. Jimly, ada juga peserta dari universitas-universitas yang memiliki jaringan video conference kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi di seluruh Provinsi se-Indonesia dan peserta dari luar negeri yang mengakses kuliah ini melalui Indogoo.

Dalam kesempatan kali ini, Prof. Jimly memberikan kuliah tentang sejarah peradilan konstitusi di dunia, bentuk-bentuk peradilan konstitusi, sejarah peradilan konstitusi di Indonesia, dan kewenangan Mahkamah Konstitusi. Walaupun saya sudah pernah mendapatkan materi kuliah ini, tetapi Prof. Jimly mampu menceritakannya kembali dengan cara-cara yang menarik. Bahkan selalu ada hal-hal baru lainnya yang bisa saya pelajari lebih lanjut.

Salah satu hal yang menarik adalah kesempatan tanya jawab yang tidak hanya diberikan pada peserta yang berada di dalam kelas, tetapi juga diberikan pada peserta lain yang berada di tempat lain, termasuk di luar negeri. Yeap, semua karena teknologi!

Sayangnya kuliah ini hanya berlangsung selama dua jam. Waktu yang sangat singkat untuk mendapatkan ilmu yang luar biasa bermanfaat. Semoga di lain kesempatan Prof. Jimly bisa mengadakan kuliah seperti ini lagi.

6 comments

    1. Tapi kalau kuliah bersama Prof. Jimly selalu terasa kurang. Abis enak banget ngajarnya, yah jarang juga kan diajarin guru besar penuh ilmu macam beliau😀

      Like

    1. Prof. Jimly sangat pro teknologi. Bahkan beliau berencana mengintegrasikan kuliah peradilan konstitusi di seluruh universitas di Indonesia dengan menggunakan jaringan video conference dan internet.

      Like

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s