Kembang Tahu Margonda

Dulu pertama kali makan kembang tahu ketika jalan-jalan bersama teman-teman OBM di Kota Tua. Tapi sekarang makan kembang tahu karena kedinginan. Loh kok? Iye, dingin itu bikin lapar. Niat awalnya pingin makan nasi goreng, tapi tukangnya belum buka. Eh, ngeliat tenda kecil di sebelah Gang Kober rame banget. Ya udah, melipir lah makan kembang tahu.

Kembang tahu dengan taburan keju

Kembang tahu dengan taburan keju

Saya memesan kembang tahu dengan taburan keju. Padahal pinginnya kembang tahu dengan taburan coklat kacang, tapi coklatnya abis, huhu.

Harga kembang tahunya murah meriah. Yah, standar mahasiswa. Kembang tahu polos tanpa taburan dijual seharga Rp 5.000. Sedangkan kembang tahu dengan taburan coklat kacang atau keju dijual seharga Rp 7.000. Walaupun murah, tapi rasanya enak! Juara deh pokonya. Selain menjual kembang tahu, tempat ini juga menjual es kacang ijo dan susu kedelai. Harganya pun tidak terlalu mahal, hanya Rp 3.000.

Oia, ketika sedang menikmati kembang tahu, ada sebuah kejadian menarik.

“Koh, kalau dua ribu dapet ga?” tanya seorang pengamen cilik.

Si penjual hanya diam saja, ia terlalu sibuk melayani pelanggan. “Wah, pasti ga bakal dikasih.” kata saya dalam hati.

“Kalau mau kembang tahu, dapetnya cuma sedikit. Kalau es kacang ijo atau susu kedelai, dapetnya satu porsi. Mau yang mana?”

Saya terperanjat mendengar pernyataan si penjual. Rupanya ia memilih untuk diam karena tidak enak dengan pelanggan yang lain. Ia takut pelanggan yang lain merasa tertipu dengan harga yang ia berikan. Makanya ia memilih untuk melayani dua orang pengamen cilik ketika agak sepi.

Aduh, lapar! Pasti gegara nulis cerita tentang makanan, *alibi padahal gembul* Udah dulu ya, mau makan semur ayam, hoho.

4 comments

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s