Bisa Karena Terbiasa

Gue ga nerima job karena udah lama ga megang kamera. Lagian foto itu ga cuma soal tajem atau warnanya bagus, tapi soal rasa. Kalau fotonya ga ada rasa buat apa. Kesannya datar, ga ada emosi. Nah, rasa yang muncul di foto kita itu bisa didapetin dengan ngambil foto setiap hari.

Gue pernah diceritain sama Romo. Ada supir taksi di New York, hobinya moto setiap kali nganterin penumpang. Suatu hari, ada penumpang yang protes sama kebiasaannya itu. Yah, mungkin maksud penumpangnya mah daripada sibuk nyetir sambil moto mendingan nyetir yang bener, biar cepet nyampe. Terus si supir taksinya nyeritain kebiasaannya itu. Eh, ga disangka-sangka, ternyata si penumpang itu kerjanya di sebuah galeri terkenal. Karena tertarik dengan cerita si supir, si penumpang nyuruh si supir bawa hasil foto-fotonya ke galeri. Setelah diliat-liat lagi, foto-foto yang diambil si supir isinya tentang kehidupan New York dan keren banget. Berasa ngeliat kehidupan New York secara langsung kalau liat foto-foto hasil jepretan si supir.

Nangkep kan cerita gue? Si supir itu awalnya cuma iseng doang foto-foto. Ga punya skill. Tapi karena terbiasa moto tiap hari, dia jadi tau gimana caranya dapetin foto yang bagus. Bukan bagus tekniknya ya, tapi bagus dalam menuangkan perasaan ke dalam foto. Foto itu ga cuma sekedar memindahkan apa yang dilihat mata kita ke dalam bentuk dua dimensi. Ada keinginan untuk berbagi dengan orang lain. Kita ingin orang lain melihat foto kita sesuai dengan aslinya, sesuai dengan perasaan kita.

Selain ngelatih nuangin perasaan, lu juga belajar nemuin gaya lu sendiri. Yah, disadari atau ga, kita punya kecenderungan tertentu, ada pola-pola yang sering kita lakukan. Kebiasaan ini yang akhirnya membentuk gaya kita dalam bercerita melalui sebuah foto.

Uphat

12 comments

  1. karena saya belum mempunyai kamera bagus, saya lebih dulu melupakan aspek teknis dari foto foto yang saya jepret, saya lebih mengandalkan mood dan momment yang ingin saya tangkat. saya suka mengambil foto apa saja yang saya temui yang menurut saya menarik. atau kata orang street photography.๐Ÿ™‚

    Like

Silakan berkomentar

