Kontrol #2

Sebenernya ya, laki-laki itu emang punya kontrol lebih terhadap perempuan. Mau jelek kaya gimana pun juga, mereka masih bisa memilih siapa yang akan jadi pendamping hidupnya. Perempuan mana bisa milih. Mereka mah nerima gitu aja siapa yang ngelamarnya. Yah, kalau nolak jodoh yang udah ngelamar, sama aja kaya nolak rejeki. Ga bersyukur. Kemampuan laki-laki untuk memilih ini yang akhirnya dianggap sebagai kontrol bagi perempuan. Eh, tapi apa cuma di Indonesia aja ya? Dimana budaya masyarakat patriakalnya sangat kuat. Yah, agama juga ngaruh sih.

4 comments

  1. Saya tak sependapat bahwa perempuan gak bisa milih. Base on pengalaman saya dan teman-teman, kami para perempuan justru sangat memilih siapa dia yang mendekati kami.
    Lelaki langsung melamar, itu biasa karena berpikir dengan rasionalitas dan nafsu manusiawinya, sementara perempuan yang pemilih umumnya pikir-piki karena hati. Ada juga sebagian yang pikir-pikir karena masalah materi, tapi umumnnya wanita memilih atau menolak, itu karena hati.

    Like

    1. Sebenernya saya juga ga sependapat dengan tulisan yang saya buat😀
      Tapi entah sudah berapa kali dalam minggu ini, saya mendapati kenyataan, sebagai perempuan, saya ga bisa milih atau menolak kalau ada yang melamar secara langsung ke orang tua saya. Kalau sampai tahap sebelum ke orang tua, katanya ga apa-apa nolak. Tapi kalau udah bawa-bawa masalah orang tua, mau nolak pun kayanya repot.

      Like

  2. perempuan memilih: mau nerima atau mau nolak. pilihan juga kan? hehehe
    anyway, saya setuju ama mbak yang diatas, perempuan justru duluan memilih, siapa yang boleh & bisa mendekati.

    Like

    1. Sebenarnya, perempuan memang punya nilai tawar yang lebih baik. Tapi entah kenapa kalau sudah bawa-bawa lamar-lamaran ke orang tua, kok kayanya susah ya buat nolak lamaran.

      Like

Silakan berkomentar

