Odong-odong Self Service

Mana? Di blog kagak ada, padahal udah diyutub-in. Kamu dusta, Maria!

Pagi-pagi dapat sms geje dari Masjek yang menagih cerita tentang  odong-odong self service. Makhluk apa pula itu odong-odong self service?

Belum jalan-jalan ke Jogja kalau ga mampir ke Alkid (nama beken untuk Alun-alun Kidul Kraton Jogjakarta, red.). Walaupun alkid isinya itu-itu saja, tapi setiap tahunnya selalu ada hal-hal baru yang membuat Alkid tetap menarik untuk dikunjungi.

Tahun ini, alkid sedikit berbeda karena munculnya Odong-odong Self Service. Odong-odong self service adalah nama yang kami berikan untuk sebuah kendaraan beroda empat yang berbentuk seperti becak, err odong-odong sih lebih tepatnya.Yang membedakannya dengan odong-odong biasa adalah penumpangnya harus mengayuh sendiri kendaraan ini dan modifikasi unik dengan lampu-lampu warna-warni berbentuk tokoh-tokoh terkenal, seperti doraemon.

Pertama kali melihat kendaraan ini, saya langsung berteriak kegirangan ingin menaikinya. Iye, iye, emang kaya anak kecil sih *ngedeprok di lantai*

Pertama kali melihat kendaraan ini, saya langsung berteriak kegirangan ingin menaikinya. Iye, iye, emang kaya anak kecil sih *ngedeprok di lantai*

Odong-odong self service terdiri dari dua jenis, yaitu odong-odong self service dua tingkat dan odong-odong self service biasa. Harga sewanya pun tergolong cukup murah. Untuk odong-odong self service dua tingkat, harga sewanya sekitar 35 ribu untuk dua kali putaran. Sedangkan untuk  odong-odong self service biasa, harga sewanya sekitar 20 ribu untuk dua kali putaran.

Odong-odong self service dua tingkat

Odong-odong self service dua tingkat

Enaknya naik odong-odong self service adalah kendaraan ini merupakan kendaraan imun rambu lalu lintas. Bebas berjalan dimana saja, mau di pinggir atau pun di tengah. Yang penting ga nabrak, nyenggol, atau nanyain obeng alias ngajak kenalan antarodong-odong self service *eh*. Nah, karena imun rambu lalu lintas, akibatnya kendaraan ini sering mengakibatkan kemacetan sesaat dan membuat kesal pengguna kendaraan bermotor. Hoho, tapi itu bisa diatur dengan tukang odong-odong self service yang siap sedia membantu mengatasi kemacetan.

Kalau mau tau dengan lebih jelas seperti apa odong-odong self service, silahkan tonton video dibawah ini~

Foto-foto: Farijs van Java

4 comments

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s