Kakak, Masih Ada Airnya Ga?

Seorang anak kecil berumur lima tahun memperhatikan saya dan teman saya dengan malu-malu. Iseng-iseng saya pun menyapanya. “Kenapa ade kecil?”

“Kakak, masih ada airnya ga?” tanya gadis kecil itu sambil menunjuk botol air mineral yang saya pegang.

“Udah kosong. Kenapa? Mau botolnya?”

Ia mengangguk pelan sambil tersenyum.

“Nih.” kata saya sambil menyodorkan botol kosong.

“Makasih kakak.”

Bagi gadis kecil itu, botol kosong adalah harapan untuk kehidupannya.

Bagi gadis kecil itu, botol kosong adalah harapan untuk kehidupannya.

3 comments

  1. miris juga liat anak kecil kek gini, sesusah-susahnya masa kecilku tak pernah sedikit pun aku ikut berjuang untuk sesuap nasi

    sekarang pun, di sudut pertigaan kulihat seorang anak laki-laki usia sekolah, kala itu musim libur sekolah, senyumku terkembang melihatnya, dia mengisi waktu libur dengan kegiatan positif, namun pagi ketika anak lain duduk di meja kayu mendengarkan guru bertutur tapi dia masih di jalanan yang sama menjajakan koran brand baru di Jogja ini, aku langsung curiga sesuatu, kuedarkan pandangan dan kudapati sesosok lelaki dewasa jongkok di dekat sebuah motor setengah usang, sepertinya ia asyik merokok. Meskipun aku curiga namun aku butuh pembuktian pagi selanjutnya. Benar saja dia masih di sana dengan posisi yang selalu sama, ah dia pasti tak lain tak bukan adalah bapaknya. Kini beberapa hari ini kulihat motornya telah berganti dengan sesuatu yang baru dan mengkilap, bagaimana aku bisa berpikir positif dengan pemandangan itu selain hanya bisa terucap “terlalu”

    Like

    1. Yah, kasus kedua sering terjadi di terminal. Anak-anak kecil dipaksa bekerja tapi orang dewasa hanya memungut uang dan bermain judi. Nyesek banget.

      Like

Silakan berkomentar

