Ponsel Arloji Nagarjuna

Dengan semangat juang 45, saya menempuh perjalanan dari rumah ke sebuah pusat perbelanjaan di daerah pinggiran Jakarta. Hanya demi membeli sebuah charger handphone yang secara tidak sengaja hilang.

Arloji yang menempel di tangan telah menunjuk angka 12 tapi toko yang saya tuju belum buka, saya terpaksa harus menunggu. Ketika sedang menunggu, seorang ibu-ibu datang menghampiri saya dan bertanya tentang ponsel terbaru yang berbentuk seperti arloji. Saya pun menjelaskan produk tersebut belum dipasarkan di Indonesia. Namun ia bersikeras ponsel berbentuk arloji telah dipasarkan di Indonesia karena teman-teman anaknya telah memakainya. Dengan sabar saya menjelaskan kembali, bahkan teman saya menunjukkan sebuah berita di internet yang menyatakan ponsel tersebut baru dipasarkan di Eropa.

Kemudian ia mengeluarkan ponselnya dan menyuruh saya untuk berpura-pura menjadi pramuniaga toko ponsel. Ibu-ibu tersebut meminta saya untuk menjelaskan pada anaknya bahwa barang yang dicari belum keluar di Indonesia. Sebenarnya saya enggan mengabulkan permintaannya tapi ibu-ibu itu memaksa saya secara halus dengan menyodorkan ponsel yang telah terhubung dengan anaknya. Mau tidak mau saya pun melakukannya. Tanpa disangka-sangka, saya melakukannya dengan amat sangat meyakinkan.

Tadi siang, saya menceritakan kembali pengalaman tersebut pada lelaki pecinta malam. Saya mengira ia akan menganggapnya sebagai kejadian lucu, tapi ternyata ia beranggapan lain.

“Neng inget ga ujaran Nagarjuna dalam suratnya kepada Raja Gautamiputra di Nagabumi II? Janganlah berbuat dosa demi kepentingan brahmana, bhiksu, dewa, tamu, orangtua, anak, ratu, atau anak buah karena tak seorang pun akan berbagi hasil dari neraka. Lain kali ga boleh bohong lagi ya, apapun alasannya.”

6 comments

Silakan berkomentar

