Akunmu, Akunku Juga

Trust is the glue of life. It’s the most essential ingredient in effective communication. It’s the foundational principle that holds all relationships. – Stephen R. Covey

Pacaran, tunangan, dan menikah itu ga cuma butuh cinta tapi butuh kepercayaan. Katanya sih, kepercayaan adalah hal yang paling fundamental dalam suatu hubungan. Tapi kepercayaan yang seperti apa yang dibutuhkan dalam hubungan percintaan?

Ada pasangan yang mendefinisikan kepercayaan dengan berbagi password. Dengan motto akunmu, akunku juga, maka mereka akan dengan mudah memberikan password akun mereka pada pasangan mereka. Tujuannya agar lebih mudah memantau dan mengawasi apa yang dilakukan pasangan sehingga saling terbuka dan percaya bahwa pasangan tidak melakukan hal yang aneh-aneh.

Entah disadari atau tidak, berbagi password adalah perbuatan yang beresiko dan berpotensi menjadi senjata makan tuan. Efeknya baru akan terasa setelah hubungan berjalan tidak lancar, alias PUTUS. Beruntung kalau mantan pasangan bukan orang yang jahat, gimana kalau mantan pasangan sakit hati banget dan membuat akun kesayangan berpindah tangan atau menjatuhkan image dengan melakukan hal yang aneh-aneh. Bisa berabe kan? Resikonya terlalu besar.

Saya sendiri bukan tipe berbagi password dengan pasangan dengan alasan untuk mendapatkan kepercayaan. Rasanya terlalu naif jika melihat kepercayaan dengan berbagi password. Secetek itu satu hubungan dinilai? Kalau ga percaya dengan pasangan kita, kenapa harus memilih untuk bersama dan menjadikan mereka sebagai pasangan? Atau mungkin sebenarnya ga punya kepercayaan diri untuk memulai suatu hubungan?

One comment

Silakan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s