Lumpia Sosis Keju

Kriyuk… kriyuk… kriyuk…

Baru pukul 20.00 WIB tapi cacing-cacing di perut saya sudah berdemo untuk meminta jatah makanan lagi. Padahal satu jam yang lalu, saya baru selesai menyantap semangkuk sup buah, empat buah lontong isi, dua buah tahu goreng, dan segelas teh manis hangat. Maunya sih ga makan lagi, nunggu sahur. Tapi kalo ga ngunyah sesuatu, malah tambah kepikiran dan bakalan lebih kalap makannya. Jadi, daripada saya makan sepiring nasi dan semangkuk soto daging, lebih baik saya membuat cecemilan.

Liat-liat isi kulkas, ternyata ada kulit lumpia, keju, dan sosis. Ya sudahlah, bikin lumpia sosis keju saja~ Oia, jenis lumpia sosis keju yang akan saya buat adalah finger snack atau penganan berbentuk mungil, bercita rasa gurih atau manis. Makanan yang dapat disantap langsung dengan menggunakan tangan dan akan habis dalam satu atau dua kali gigitan.

Bahan-bahan:

  • 16 lembar kulit lumpia
  • 4 buah sosis
  • Keju quickmelt atau keju leleh
  • Putih telur atau tepung kanji
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  • Potong sosis menjadi empat bagian dengan bentuk memanjang
  • Potong keju sebanyak 16 buah dengan ukuran sebesar kelingking atau korek api. Bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  • Ambil satu lembar kulit lumpia, masukkan sosis dan keju. Sebelum digulung, pada pinggiran sosis dan keju diolesi larutan tepung kanji atau putih telur agar merekat. Kemudian lipat berbentuk amplop, rekatkan ujungnya dengan menggunakan larutan tepung kanji atau putih telur. Lakukan sampai bahan habis.
  • Goreng dalam minyak banyak dan panas (deep fry) sampai kecokelatan. Angkat dan tiriskan dalam posisi berdiri.

Sajikan selagi hangat dengan saus sambal dan secangkir teh atau kopi. Nyiam, nyiam, nyiam~

Lumpia Sosis Keju

Lumpia Sosis Keju

Hampir saja saya lupa mengambil gambar lumpia sosis keju yang telah saya buat. Saya baru ingat setelah tersisa tiga buah. Karena saya malas mengambil kamera ke kamar, akhirnya saya memotretnya dengan menggunakan kamera pada telepon genggam. Agak-agak menyesal mengambil foto dengan modus toy cam cross process emulation (blue) karena kecantikan warna lumpia sosis kejunya agak kurang keliatan, huhu.

2 comments

    1. Lumpia itu emang enaknya yang ukuran finger snack, kalau yang besar malah cepet kenyang, padahal porsinya bisa lebih banyak kalau makan yang ukuran kecil, hehe

      Like

Silakan berkomentar

