Sebuah Pengantar

Sekitar dua bulan yang lalu, saya menghapus akun-akun saya di dunia maya karena sebuah alasan khusus. Di minggu pertama, saya merasa sangat menderita. Ada separuh diri saya yang hilang. Namun akhirnya hari-hari pahit tanpa dunia maya dapat terlewati. Saya memulai sebuah kehidupan baru. Belajar untuk memulai hari dengan secangkir kopi atau teh, bukan dengan koneksi internet.

Setelah renungan panjang, saya memutuskan untuk beristirahat dari dunia maya hingga saya menyelesaikan skripsi. Namun pertahanan saya menjadi goyah setelah membaca beberapa blog. Pikiran saya terdistraksi. Di satu sisi, buku-buku dan jurnal-jurnal pendukung skripsi selalu membayangi karena hampir empat bulan saya menunda pengerjaan skripsi. Di sisi lain, keinginan saya untuk membuat sebuah blog semakin menggebu. Rasanya kepala saya hampir pecah karena tidak mampu mengontrol pikiran-pikiran liar yang berkecamuk. Saya kebingungan, seperti terperangkap di dalam sebuah ruangan yang hitam pekat. Nafas pun semakin menderu bersama adrenalin yang memompa jantung.

Sekuat apapun saya berusaha menahannya, monster prokrastisasi yang berada di dalam diri saya terus menyeruak keluar. Ia berhasil mengalahkan buku-buku dan jurnal-jurnal tersebut. Saya termakan bujuk rayunya “Hanya sebuah blog, bukan jejaring sosial. Tidak akan mengganggu skripsi.”

Tengah malam, saya membangunkan beberapa orang untuk bertanya dimana saya harus membuat blog dan alamat yang akan saya gunakan. Dengan berbagai pertimbangan, saya memilih untuk menggunakan wordpress dengan alamat “rimarahayu.wordpress.com”. Ini pertama kalinya saya menggunakan nama asli saya, biasanya saya menggunakan nama “Rima Oma”. Agak sedikit lucu karena teman-teman saya lebih familiar dengan nama panggilan saya dan selalu terkejut begitu mengetahui nama asli saya.

Oia, selain menuliskan hal-hal baru, saya juga akan menulis ulang beberapa postingan di blog lama yang saya anggap menarik. Akhir kata, saya ingin mengucapkan “Selamat datang dan selamat membaca.”🙂

2 comments

Silakan berkomentar

